Page Nav

HIDE

Post Snippets

FALSE
HIDE_BLOG
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pilkada Serentak 2024: Mampukah Melahirkan Para Pemimpin Daerah yang Amanah?

Yosep Situmorang Oleh: Yosep Situmorang* Indonesia akan menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak. Dimana pelaksanaan akan dilangsun...


Yosep Situmorang
Oleh: Yosep Situmorang*

Indonesia akan menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak. Dimana pelaksanaan akan dilangsungkan pada bulan November 2024 mendatang. Berdasarkan sumber KPU sebanyak 545 daerah meliputi provinsi, kabupaten dan kota akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak. 

Pesta demokrasi bagi para bakal calon pemimpin daerah tentunya merupakan hal yang tak kalah penting nya bagi masyarakat tiap-tiap daerah di Indonesia. Dimana dalam kurun waktu 5 tahun mendatang para bakal calon kepala daerah akan menentukan nasib masyarakat di wilayahnya. Peran masyarakat daerah-pun menjadi sangat 

penting, sehingga diharapkan masyarakat daerah harus jeli dalam memilih bakal calon pemimpin untuk kemajuan daerah mereka dalam 5 tahun mendatang.  

Lahirnya Pilkada serentak yang diatur oleh Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 telah menetapkan 27 November 2024 sebagai tanggal yang telah final untuk berlangsungnya Pilkada serentak nanti. Persiapan-persiapan pun telah dilakukan oleh KPU RI sejak bulan februari 2024 lalu. Bahkan para partai politik juga telah menyiapkan beberapa kandidat potensial guna maju sebagai petarung dalam Pilkada nanti. 

Para kandidat sebagai bakal calon kepala daerah di seluruh wilayah Indonesia telah mendaftarkan diri baik di provinsi, kabupaten dan kota. Sosok para calon pemimpin daerah telah terlihat dan mesin politik mulai bekerja dengan segala upaya, guna memenangkan pertarungan nanti. Para partai pengusung pun telah mempersiapkan strategi dan taktik guna membawa kemenangan.  

Pola-pola gerakan dalam Pilkada serentak nanti tidak begitu jauh dengan pola-pola pada Pilkada sebelumnya. Segala upaya tentunya akan dilakukan agar dapat menarik simpati masyarakat di daerah sebagai pemilik suara. Namun demikian tiap partai politik pengusung di masing-masing daerah menjadi sangat penting dalam pertarungan di Pilkada mendatang.  

Sebagaimana diketahui Pilkada serentak menjadi ajang bagian pesta demokrasi bagi masyarakat indonesia di setiap daerah dalam menentukan sikap akan pilihannya untuk menentukan pelaksana pemerintahan daerah yang lebih berkualitas dalam birokrasi wilayah guna kemajuan daerah setempat. Tentunya masyarakat daerah sebagai pemilih dan pemilik suara harus bisa melihat sosok bakal calon pemimpin yang benar-benar memiliki kemampuan tata kelola yang baik demi terciptanya kemajuan daerah setempat.  

Politik uang ataupun sejenisnya jangan sampai terjadi. Bagaimanapun segala bentuk kecurangan yang terlihat harus benar-benar di awasi dan tolak setiap tindakan penyuapan sehingga yang terpilih nanti adalah para pemimpin yang dapat menjadi tauladan serta bersih dari tindakan manipulatif yang berbau korupsi, kolusi dan nepotisme.  

Semoga Pilkada  yang akan dilaksanakan serentak mampu menciptakan para pemimpin pemimpin kepala daerah yang bersih dan amanah. 

Bawaslu sebagai lembaga pengawas yang mendapat mandat dalam menjaga serta mengawasi Pilkada harus bekerja semaksimal mungkin dan penuh konsistensi dalam menindak tegas serta dapat membangun kerja sama ya g baik dengan Panwaslu dan para Pengawas TPS. Sehingga segala bentuk pelanggaran atau kecurangan yang terjadi yang dilakukan 

oleh para peserta kandidat bakal calon pemimpin daerah nanti. Harus benar di tindak tegas sesuai aturan ya g telah ada dan berlaku Sehingga terciptanya para pemimpin yang bersih dan penuh amanah dalam menjalankan tugasnya demi kemajuan masyarakat dan daerah.  

Apabila kecurangan dalam Pilkada nanti masih saja terjadi niscaya para pemimpin yang terpilih nanti tidak jauh berbeda dengan para penyamun yang hanya mementingkan diri sendiri atau kelompoknya dalam merampok harta (baca anggaran daerah) masyarakat di daerahnya. Lahirnya pemimpin korup adalah bentuk kegagalan dalam mencetak pemimpin yang tidak memiliki integritas dalam mengemban amanah yang telah diterimanya.  

Semoga pemilihan umum kepala daerah yang akan dilangsungkan serentak mampu melahirkan para pemimpin yang bersih dan penuh tanggung jawab dalam mengemban amanah yang diberikan untuk 5 tahun mendatang. Sehingga setiap daerah di seluruh Indonesia benar-benar memiliki para pemimpin yang akan memajukan daerah tersebut.  

Selamat berkompetisi dengan jalan yang benar tanpa merusak citra demokrasi dan penuh tanggung jawab. Sehingga harapan untuk kemajuan daerah serta masyarakat di tiap daerah dapat terealisasi dengan baik. 


*Penulis adalah Pemerhati Sosial & Politik Kebijakan. Ditulis pada 2 Oktober 2024, Bali, Indonesia.

Tidak ada komentar

Thank you for your kind comment, we really appreciate it.